KKN Tematik UPI 2015 Posdaya

10.27

Hello guys, udah lama banget nih aku nggak ngeblog lagi karena lagi sibuk kuliah. Semester 7 itu cukup berat dan banyak menyita waktu weekend-ku buat agenda nugas dan kuliah lapangan. Nah, sekarang udah diujung akhir semester 7 dan bentar lagi mau UAS :(
So, aku mau beresin projek-ku ini yang udah aku rencanain dari jauh-jauh hari..

Disini aku bukan mau review produk kosmetik loh hehe, aku mau nulis tentang KKN (Kuliah Kerja Nyantai) eits, salah. Maksudnya "Kuliah Kerja Nyata" :p
Berhubung sebentar lagi mau diadain KKN Tematik 2015 gelombang kedua bulan Januari 2016 nanti. Aku mau berbagi pengalaman tentang KKN-ku buat kamu semuanya. And, here we go.. Psss baca sampai akhir ya! ;)

Bandung, 30 Juni 2015 Kemeriahan saat pelepasan mahasiswa KKN UPI 2015 di Gymnasium UPI

First, sebelum kegiatan KKN Tematik dilaksanakan, aku harus daftar dulu di website yang udah disediain oleh pihak UPI. Websitenya hanya bisa diakses di hari yang udah ditentuin, jadi kamu bisa bayangin sekitar 3000 lebih mahasiswa UPI yang mengontrak KKN berlomba-lomba untuk membuka 1 website supaya bisa dapet tempat KKN yang diinginkan. Saran dari aku buat yang mengontrak KKN tahun depan, harus udah nentuin tema dan lokasi KKN yang diinginkan. Supaya pas daftar KKN online nggak kebingungan lagi..

Tata Cara Pendaftaran KKN Tematik UPI 2015

Ini dia penampakan websitenya (kkn.lppm.upi.edu)
Login ke website kkn.lppm.upi.edu

Dari awal aku udah ngincer di kota Bandung karena banyak hal yang bikin aku nggak pilih di luar Bandung. hehehe. Tapi rasanya pengen juga punya pengalaman kaya temen-temen lainnya yang dapet lokasi KKN di luar Bandung dan tempatnya cukup jauh dari perkotaan. Pertama, pengalamannya "dapet" banget. Kedua, namanya tinggal selama 40 hari sama temen-temen yang baru dikenal dan di tempat yang mungkin belum pernah sama sekali didatengin, pasti rasa solidaritas dan kekeluargaan diantara mahasiswa KKN cukup tinggi dan mungkin cepet akrab juga. Terakhir, seru bisa refreshing ke pantai atau objek wisata lainnya yang ada di sekitar lokasi KKN.

Next, kembali lagi ke tata cara pendaftaran KKN Tematik UPI 2015, pertama ditentuin waktu pendaftaran online oleh UPI. Waktu itu aku daftar tanggal 08 Juni 2015. Sebelum bisa Booking lokasi KKN, aku harus isi biodata di website KKN Tematik UPI.
Setelah mantengin laptop seharian, website KKN Tematik UPI baru aktif untuk bisa Booking lokasi KKN sekitar pukul 17.30 WIB. Agak ngaret dari perkiraan tahun sebelumnya sekitar jam 16.00 WIB.

Menu untuk Booking lokasi KKN

Aku pilih tema Posdaya di kota Bandung tepatnya di Kecamatan Mandalajati, Kelurahan Jatihandap.


Kelompok KKN Jatihandap 2015
Yeay, aku dapet temen-temen baru dari jurusan yang berbeda dan belum pernah kenal sebelumnya ;)


Untuk lebih jelasnya lagi, ini penampakan review tata cara KKN Tematik UPI
Tata Cara Pendaftaran KKN UPI




Info penting dari twitter KKN Tematik UPI
Last but not least sensasi daftar KKN bisa dilalui hihihi.. Hari itu juga, udah ada beberapa temen KKN yang menghubungiku dan langsung bikin grup KKN di LINE :D *gerak cepat sekali* *keliatannya udah nggak sabar kenalan sama temen baru* haha

Setelah ngobrol panjang lebar di grup line, first time nih kumpul bareng temen KKN. Ini dia penampakan Jatihandap Crew (minus Patricia) yang katanya lagi pergi keluar kota :(
Dari kiri ke kanan ada Dewi, Muti'ah, Sella, Hofsah, Indah Wulansari, Indah Sari, Angga, Fiqih, dan Rizky
Beberapa kali kumpul bareng temen-temen KKN buat diskusiin kegiatan KKN yang dilaksanakan tanggal 1 Juli 2015.

Taraaaa... berdasarkan kesepakatan bersama, Fiqih diberi amanah sebagai ketua KKN Kelurahan Jatihandap, Sella sebagai Sekretaris, Angga sebagai Bendahara, Rizky sebagai Penanggung Jawab Bidang Kewirausahaan, Indah Wulansari dan Siti Hofsah sebagai Penanggung Jawab bidang Pendidikan, Indah Sari dan Patricia sebagai Penanggung Jawab bidang Lingkungan Hidup, Dewi sebagai Penanggung Jawab bidang Kesehatan dan Muti'ah sebagai Penanggung Jawab bidang Keagamaan.

Perjuangan keliling Jatihandap buat mencari rumah kontrakan :')

Ini dia Ms. Patricia dengan Bapak pemilik kontrakan di rumah kuning penuh kenangan
Kangen banget sama rumah kuning ini, rumah penuh kenangan yang nggak akan pernah dilupain seumur hidup *Halaah* tapi memang bener, di rumah ini aku belajar caranya survive, sosialisasi antar sesama mahasiswa KKN, pokoknya rumah ini tau segala suka duka tentang Jatihandap Crew..
Jatihandap Crew sedang diskusi di Rumah Kuning penuh kenangan

"Ngabuburit" masak bareng cewek-cewek kece Jatihandap Crew

Bikin kreasi puding "Telor Tjeplok" ala Jatihandap Crew
Buka puasa bersama Jatihandap Crew dengan menu Sate Ayam dan Es Campur *pertama kalinya hedon biasanya makan gorengan seadanya ckckck :p *

Chia sebagai penanggung jawab bid. LH sedang mengaplikasikan budaya bersih-bersih di lingkungan sekitar

Angga dan Indah Sari sedang membuat pupuk untuk tanaman hidroponik
Penanaman benih tanaman sayur untuk digunakan sebagai tanaman hidroponik

Dari foto-foto diatas bisa dibayangin kan, buanyak banget aktivitas yang dilakuin di rumah kuning. Mulai dari sebagai tempat tinggal sementara (walaupun aku orang Bandung, tapi aku nginep loh di rumah kuning biar berasa sensasi lagi KKN), rumah kuning juga digunakan sebagai tempat diskusi, masak, bikin tanaman hidroponik, buka bersama, tempat main anak-anak PAUD dan TPA (tiap hari rumah kuning pasti kedatangan anak-anak yang pengen main, numpang main layangan di loteng rumah kuning atau iseng minta diceritain cerita horror hahaha). Aku suka ekspresi mereka yang polos waktu aku ceritain cerita hantu hihihi.... I miss them so much!!!!!

Kegiatan di tempat KKN Jatihandap cukup banyak. Tiap pagi, Jatihandap Crew berubah menjadi pahlawan bertopeng eh pahlawan tanpa tanda jasa maksudnya. Aku dan temen-temen Jatihandap Crew lainnya membantu menjadi tenaga pengajar di PAUD Al-Barakah. Awalnya memang agak bingung buat jadi tenaga pengajar karena khususnya aku nggak memiliki basic untuk ngajar. Aku mengambil prodi non-dik Biologi. Tapi lama kelamaan aku bisa menjadi tenaga pengajar PAUD B-) hehehe
Tiap sore, Jatihandap Crew juga membantu menjadi tenaga pengajar di TPA Al-Barakah. Ini dia penampakannya....

Belajar praktik shalat untuk anak-anak TPA Al-Barakah oleh Indah Wulansari dan Hofsah


Jatihandap Crew sedang mengajar di TPA Al-Barakah


You Might Also Like

0 komentar

Follow Us